Skip to content

Info Lomba Film

KOMPETISI FILM PENDEK HF 7

DEADLINE PENDAFTARAN 4 OKTOBER 2010!!!
web-film

PENGHARGAAN
Juara 1 HelloFest 7
Hadiah Yahud senilai Jutaan Rupiah dari Detik.Com

Juara 2 HelloFest 7
Hadiah Ciamik senilai Jutaan Rupiah dari Sponsor

CARA IKUTAN

  1. DOWNLOAD & isi formulir pendaftaran dengan lengkap.
  2. Pendaftaran tidak dipungut biaya.
  3. Jika kamu ingin mengirim lebih dari 1 karya, kamu dapat mengkompilasinya dalam 1 Kaset Mini Dv / DVD / CD, jangan lupa mengisi 1 formulir per karya.
  4. Kirim formulir & materi karya ke :
    HelloFest 7
    Jl. Tebet Barat 9 No.10
    Jakarta 12810 Indonesia
  5. Khusus untuk materi berbentuk file sharing dari Rapidshare, kamu cukup mengirimkan scan formulir dan link Rapidshare yang harus kami download melalui email.
  6. Kami akan menayangkan snapshot karya kamu melalui website kita sebagai tanda karya kamu sudah masuk.
  7. Jika kamu tidak mendengar kabar ( melalui email ) hingga 10 hari setelah masa pengiriman, berarti proses pendaftaran bisa dikatakan gagal.
  8. Karya finalis akan kita umumkan pada H-10 melalui email masing – masing.

JENIS KARYA YANG DAPAT DIKIRIM

Kami menerima apapun jenis karya kalian ( mulai dokumenter, video klip, live shoot, animasi, hingga karya yang tidak bisa dikategorikan )

Karya dibuat minimal tahun 2000, dan durasi maksimal 7 menit pas ! (durasi minimal 30 detik )

Kami juga menerima karya yang sudah pernah diikutkan di festival diluar HelloFest.

Format : Mini DV, DV Cam, CD/DVD File (720 x 576 mov/avi), kami tidak menerima format lain diluar ini.

Memiliki minimal 1 dari 3 unsur berikut :

* INOVATIF
Kami suka formula penyampaian serta penggarapan yang tidak lazim, liar, dan tidak terpikirkan oleh orang awam, Karena memang itulah kreator yang sejati, memberi pencerahan dalam hal – hal yang baru.

Contoh :
Karya dari Firman Widyasmara – Jakarta. Ia cukup menggunakan kapur dan papan tulis dalam pembuatan animasinya dan ternyata film ini menjadi salah satu karya favorit pilihan penonton HelloFest 2.
Lihat Contoh >

* INSPIRATIF
Penonton jangan dibikin mengambang, mereka sudah merelakan duduk untuk menonton karya kalian. Setidaknya kasih pesan yang dapat diserap oleh penonton. Lebih baik lagi jika bisa mempengaruhi pola pikir penonton ke arah yang lebih baik lagi. Tapi jangan coba – coba menggurui penonton, he..he..
Contoh : Karya dari Jangan Menangis Oh Mama Organization – Jakarta. Mereka menyadarkan penonton agar memilih sinetron yang berbobot. Bukan sinetron yang membuang – buang waktu dan membisingkan telinga. Penyampaian yang unik tanpa embel – embel menggurui. Film ini menjadi film dengan jumlah pemilih terbanyak di HelloFest 3.
Lihat Contoh >

* TIDAK MEMBOSANKAN
Banyak ekspetasi penonton bahwa karya – karya yang ada di festival biasanya membosankan, aneh dan harus berpikir berat. Buktikan bahwa karya kalian bisa tetap dinikmati dengan tidak membosankan ( tips dari kami, biasanya dengan sedikit unsur komedi atau alur yang dinamis, karya kalian akan berhasil masuk dalam kategori ini ).
Contoh :
Karya Tosan Priyonggo – Surabaya. Menampilkan sosok super hero Indonesia dengan penuturan yang sangat lucu. Film ini menjadi salah satu film favorit pilihan penonton HelloFest 4
Lihat Contoh >

 

Festival Film Pelajar Jogya 2010
Tanggal : 18 Desember 2010
Tempat: Benteng Vredeburg Jalan Malioboro Jogjakarta
    • DESKRIPSI

      Penyelenggaraan acara FFPJ ini nantinya akan dilaksanakan pada Hari Sabtu dan Minggu, 18 dan 19 Desember 2010, bertempat di Benteng Vredeburg Jalan Malioboro Jogjakarta, pukul 09.00-21.00 WIB. Acara yang bakalan digelar selama 2 hari tersebut adalah meliputi seminar perihal film bagi pelajar, guru dan masyarakat umum, workshop perihal pembuatan film, screening/menonton film bersama, dan demo produk mengenai alat-alat produksi film.
      Secara khusus kriteria peserta dan karya yang akan mengikuti FFPJ 2010 adalah:
      1. Peserta adalah pelajar Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA, SMK, MA) serta yang sederajat se-Indonesia.
      2. Kategori karya FIKSI (live action dan animasi) dan DOKUMENTER.
      3. Tema bebas dan tidak melecehkan unsur kesukuan, agama, ras dan golongan/kelompok (SARA).
      4. Durasi maksimal 10 (sepuluh) menit (sudah termasuk opening dan credit title).
      5. Tahun pembuatan antara 2009-2010.
      6. Karya dibuat oleh individu atau kelompok, dalam satu sekolah yang sama atau berbeda, dan dikirimkan atas nama sekolah yang diikuti sutradara.
      7. Tim produksi adalah pelajar aktif (dibuktikan dengan scan-photocopy kartu pelajar).
      8. Apabila karya menggunakan dialog/narasi bahasa daerah, maka harus diberi subtitle bahasa Indonesia.
      9. Tiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya.
      10. Karya yang pernah mengikuti festival lain, boleh diikutsertakan.
      11. Karya dikirimkan via pos dalam bentuk cakram DVD (PAL system) paling lambat 18 Nopember 2010 (cap pos). Formulir pendaftaran dan kelengkapan karya dikirimkan melalui email: festivalfilmpelajarjogja@yahoo.com. Karya dikirimkan ke alamat OZONE PRODUCTION Jalan Sugeng Jeroni No 28 Jogjakarta Telepon/Faks: 0274-379154. Contact person (Direktur FFPJ 2010); Yuyun Trimulyana.
      12. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, kliping, grafis, dll) yang digunakan dalam film tidak boleh menggunakan milik orang lain, kecuali ada ijin tertulis dari pembuatnya.
      13. Hak cipta karya tetap menjadi milik peserta. Khusus untuk kepentingan publikasi festival, penyelenggara dapat menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta, sebagian maupun utuh, khususnya untuk ditampilkan di situs FilmPelajar.com sebagai official website.
      14. Keputusan juri adalah mutlak, tidak bisa diganggu gugat.
      15. Jika dikemudian hari didapatkan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan yang sudah diberikan.
      Setiap karya yang masuk akan dinilai dengan kriteria penjurian sebagaimana tersebut di bawah ini:
      1. Ide/Gagasan
      Orisinalitas: Keaslian ide cerita yang ditampilkan, merupakan hasil ide sendiri, dan tidak menyadur dari karya orang lain.
      Keunikan: Kreativitas ide cerita yang ditampilkan dan bersifat tidak umum.
      Warna Lokal: Kedekatan ide cerita dengan kebiasaan, kebudayaan, dan keadaan alam Indonesia.
      2. Komunikasi:
      Efektivitas Pesan: Kekuatan pesan yang ada dalam cerita.
      Relevansi Pesan Dengan Tema: Kesesuaian pesan yang ada dalam cerita dengan tema yang diangkat.
      Edukatif: Tingkat edukasi pesan yang ada dalam cerita.
      3. Cara bertutur:
      Menarik/Atraktif: Penggunaan kata-kata dalam cerita yang ditampilkan.
      Efisiensi: Kemampuan menyampaikan pesan secara singkat, jelas dan padat dalam cerita yang ditampilkan.
      Penggunaan Bahasa: Kemampuan menyampaikan pesan secara sopan dan santun dalam cerita yang ditampilkan.
      4. Aspek Teknis:
      Gambar: Kualitas teknis gambar.
      Suara: Kualitas teknis suara.
      Kemasan: Kualitas kemasan cover DVD dan poster film.
      Administratif: Kelengkapan formulir pendaftaran.
      Dewan Juri FFPJ 2010 adalah Drs. Alexander Luthfi, MS (Dekan Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Jogjakarta), Ki Hartanto, M.Sn (Praktisi dan Dosen Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta), Subagjo Budisantoso, M.Sn (Praktisi dan Dosen Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta) dan perwakilan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY.
      Tim produksi (10 orang) yang karyanya terpilih sebagai terbaik akan mendapatkan hadiah beasiswa pelatihan seni film selama 6 hari di Padepokan Film Tanto Grabag, Magelang, Jawa Tengah, senilai Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah). Beasiswa tidak termasuk transportasi dari dan ke Magelang, Jawa Tengah.
      Sebagai gambaran profil Padepokan Film Tanto Grabag Magelang Jawa Tengah adalah sebagai berikut:
      Padepokan Film Tanto Grabag dirintis Ki Hartanto, M.Sn., seorang seniman sekaligus akademisi film yang telah merasakan manis pahit dunia perfilman Indonesia selama lebih dari tiga puluh tahun. Ruang yang didedikasikan untuk pembelajaran dan laboratorium seni audio visual bagi segenap lapisan masyarakat ini diawali pada tahun 2004 di sebuah desa yang dikelilingi tujuh gunung. Tepatnya adalah Desa Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.
      Hartanto mendapatkan pendidikan seni filmnya di Akademi Sinematografi LPKJ (sekarang Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta). Ia juga mendapatkan pendidikan khusus di Australian Film, Television & Radio School (AFTRS). Semasa masih aktif berkarya ia telah mendapatkan penghargaan sebagai Nominasi Penata Suara Terbaik (Film Cintaku di Rumah Susun) Festival Film Indonesia/FFI 1988, Nominasi Penata Suara Terbaik (Film Saur Sepuh III) FFI 1990, Penata Suara Terbaik (Film Tutur Tinular) FFI 1990, Penata Suara Terbaik (Film Lagu untuk Seruni) FFI 1991 dan Penata Suara Terpuji Festival Film Bandung 1992, Nominasi Penata Suara Terbaik (Film Bulan Tertusuk Ilalang) Festival Film Asia Pasifik 1998, dan Penata Suara Terbaik (Film Fatahillah) Festival Film Kineklub 1999. Pada tahun 2009 ia mendapatkan Lifetime Achievement Award dari Persatuan karyawan Film dan Televisi Indonesia (KFT) atas dedikasinya dalam dunia perfilman Indonesia. Hartanto juga terlibat aktif di balik layar 66 (enam puluh enam) film layar lebar Indonesia, khususnya sebagai sound designer. Diantaranya adalah film Cut Nyak Dien (1987), Perwira dan Ksatria (1991), Surat Untuk Bidadari (1995), Fatahillah (1996), Bulan Tertusuk Ilalang (1996), dan Pasir Berbisik (2000). Selain berkarya, Hartanto juga berkiprah di dunia akademik sebagai Dekan FFTV IKJ dua periode (1994-1997 dan 1997-2000). Ia juga diberi amanah sebagai Ketua Senat FFTV IKJ dari tahun 2003-kini. Selain itu, seiring dengan rintisan padepokannya, Hartanto juga mendirikan TV Komunitas (Grabag TV) yang menjadi penggerak bagi tumbuhkembangnya jejaring TV Komunitas di Indonesia.
      Sejak dirintis pada tahun 2004 padepokan ini telah didatangi dan menempa ratusan orang dari berbagai daerah di Indonesia untuk belajar seni audio visual. Padepokan Film Tanto Grabag akan terus berkiprah dengan segenap daya yang dimilikinya untuk mendukung dunia perfilman Indonesia.
      Informasi tentang formulir pendaftaran dan lainnya dapat diakses di official website FFPJ 2010, yaitu www.filmpelajar.com

BEM UI 2010 PROUDLY PRESENT
+LOMBA FILM PENDEK UI FEST 2010+

 

Acara Lomba dan Pemutaran Film Pendek ini merupakan perlombaan yang diadakan dengan skala nasional. Dengan kata lain, perlombaan ini tidak hanya terbuka bagi mahasiswa Universitas Indonesia, tetapi juga terbuka untuk mahasiswa se-Indonesia. Untuk peserta yang berasal dari mahasiswa Universitas Indonesia, sifatnya independen yaitu tidak mewakili fakultas. Tema besar yang diambil untuk perlombaan film pendek ini untuk adalah “Multikulturalisme”.

Dalam pembuatan film, perserta diperbolehkan memasukkan unsur SARA. Namun, peserta diharapkan tidak membawa konfilk atau pun hal-hal yang menjelek-jelekkan SARA karena tujuan acara ini adalah untuk mengangkat keharmonisan dan persatuan dalam keberagaman di Indonesia.PERSYARATAN DAN KETENTUAN UMUM, LOMBA FILM PENDEK UI FESTIVAL 2010 TINGKAT MAHASISWA

formulir pendaftaran


Syarat Peserta

1. Peserta berdomisili di Indonesia dan harus masih menjadi mahasiswa aktif.

2. Peserta tak dibatasi jenis kelamin.

3. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran, namun harus mengisi formulir pendaftaran.

4. Peserta boleh terdiri dari individu ataupun kelompok. Kelompok maksimal terdiri dari 5 orang.
5. Peserta wajib memahami dan menyepakati seluruh syarat lomba seperti yang tercantum di halaman ini.
Syarat karya film pendek

1. Ide cerita harus orisinil dan karya belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan ataupun festival film pendek manapun.

2. Film dikirim dalam bentuk dvd dengan format MPEG2 (720 x 576)

3. Film berdurasi antara 15 – 20 menit

4. Peserta wajib mengirimkan penjelasan film di kertas A4 maks 2 halaman. Dalam tulisan tersebut sudah mencakup ide, judul, dan sinopsis.

5. Peserta wajib menyertakan naskah cerita film pendek.

6. Menyertakan biodata lengkap,nomor telepon, fotokopi KTM/KTP/SIM dll

7. 10 karya film terbaik akan diputar pada tanggal 10 November 2010 (Acara penganugrahan) di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia.

8. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Syarat Pendaftaran dan Pengiriman Karya

1. Pengiriman karya dimulai 1 Agustus – 21 Oktober 2010.

2. Tiap peserta maksimal mengirimkan 1 karya film pendek.

3. Hasil karya dikirim ke alamat :

Panitia UI FESTIVAL 2010Sekretariat BEM UI, Gedung Pusgiwa Lt. 2 Kampus Baru UI Depok 16424Semua dokumen termasuk karya film pendek dalam bentuk dvd, dimasukkan kedalam amplop tertutup (gunakan subjek di pojok kiri atas: “Lomba Film Pendek UI Festival 2010”).

4. Pendaftaran dan keikutsertaan lomba disertai formulir, fotokopi KTM/KTP.

5. Karya paling lambat diterima oleh panitia pada 21 Oktober 2010, pukul 16.00 WIB

Syarat Penggunaan

Panitia UI Festival memegang hak sepenuhnya atas penggunaan hasil karya lomba untuk berbagai kepentingan.

Penjurian: 22 Oktober – 5 November 2010

Tim Juri
1. Abduh Aziz, salah satu juri Eagle Award 2010

2. Armantono, Penulis skrip (Opera jawa, Love is Cinta, dll)

3. Jajang C Noer, Artis senior Indonesia

Syarat Pemenang

1. Dari seluruh hasil karya film pendek yang masuk, panitia lomba akan memilih 10 finalis, dan akan dipilih 3 juara

2. Pemenang kemudian akan dihubungi langsung oleh Panitia UI Festival melalui e-mail dan/atau ponsel.

3. Keputusan penentuan pemenang adalah mutlak, tidak dapat diganggu-gugat dan tidak ada korespondensi apapun terkait dengan keputusan yang telah dikeluarkan

4. Pemenang lomba 3 juara akan diumumkan dan penyerahan hadiah pada tanggal 10 November 2010 di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia.

pastinya event ini berhadiah jutaan rupiah!!
ayo ajak teman2 kamu buat ikutan lomba film pendek UI FEST 2010
kami tunggu film kamu!!

CP UI Fest bidang Film: Muni 08180560 9010

Web: uifestival.com
Facebook: Uifestival Duaribusepuluh
Twitter: uifest2010


LOMBA MEMBUAT FILM PENDEK

Thursday 26 August 2010, by DK // Cultural Festivals

BANDUNG SPIRIT AWARD – The First Asia-Africa International Film Festival (BSA-AAIFF) adalah festival film mandiri tahunan yang memiliki tujuan mengobarkan Semangat Bandung yang dicetuskan pada Konferensi Asia Afrika 1955. Penyelenggaraan perdana ini merupakan bagian dari peringatan 55 Tahun Konferensi Asia-Afrika.

Tahun ini BSA-AAIFF akan diselenggarakan di tiga kota, yakni: Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Puncaknya akan dilangsungkan di Jakarta pada tanggal 25 – 30 Oktober 2010. Di Yogyakarta acara akan berlangsung pada tanggal 25 – 27 Oktober 2010 dan di Bandung pada tanggal 28 – 29 Oktoberr 2010.

Salah satu program utama BSA-AAIFF adalah lomba yang kali ini dipersembahkan kepada film pendek dengan segala bentuk ekspresinya. Film pendek dipahami sebagai platform lahirnya keberagaman ide yang saat ini tengah berkembang pesat di tanah air. Selain itu BSA-AAIFF memahami film pendek sebagai media pembelajaran yang tepat bagi masyarakat untuk beragam topik seperti kebhinnekaan.

Bagi yang berminat menjadi peserta lomba, silakan unduh kedua dokumen terlampir:

1. TOR Lomba Membuat Film Pendek

2. Formulir Pendaftaran Lomba Membuat Film Pendek

<!–[if !mso]> <! st1\:*{behavior:url(#ieooui) } –> Syarat Peserta1. Peserta berdomisili di Indonesia dan harus masih menjadi mahasiswa aktif.2. Peserta tak dibatasi jenis kelamin.3. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran, namun harus mengisi formulir pendaftaran.
One Comment leave one →
  1. zena permalink
    November 13, 2010 4:32 pm

    untuk fest ffpj..
    ada toleransi waktu pengumpulan via pos tidak??
    kalau ada sampai tanggal berapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: