Skip to content

Behind The Scene Cinta Mati

October 2, 2010

Behind The Scene “Cinta Mati”

Oleh Diki Umbara

Kalau ada pertanyaan, genre apa dalam film yang paling sulit  dalam pembuatannya ? salah satunya adalah komedi. Beban yang besar bagi penulis dan sutradara ketika film komedinya tidak lucu, tidak menjadi hal menyegarkan bagi penonton. Sebagai genre uama, masih ada lagi sub genre dalam komedi, misalnya komedi satire dan slapstick. Dan film pendek fiksimini “Cinta Mati” bukan dari keduanya.

fiksimini 2

Cinta Mati, menceritakan tentang seorang laki-laki yang menaksir lawan jenisnya. Dari mulai perkenalan sampai benar-benar bisa dekat dengan perempuan tersebut. Hingga satu hari akhirnya si perempuan mengungkapkan bahwa dia tak bisa menerima cinta dari si laki-laki tersebut. Alasannya, dia seorang lesbian.Walaupun dengan berat hati, si perempuan itu telah mengungkapkan dengan jujur. Lalu apa reaksi si laki-laki tersebut ? Dengan lugu dia bilang “Gak apa-apa,  saya juga lesbian kok!”

Film fiksi mini, merupakan film super pendek yang ceritanya diambil dari karya fiksi mini di twitter @fiksimini. Dari cerita yang tak lebih dari 140 karakter dibuat menjadi sebuah cerita dengan media audio visual. “Cinta Mati”, adalah film ke 3 setelah “Berpisah dan “Aneh” yang dibuat oleh fiksiminier Jakarta dan Koki Film.

Seperti dua film sebelumnya, pembuatan “Cinta Mati” dibuat secara simpel. Tapi bukan berarti tanpa persiapan. Walaupun hanya 2 hari saja, hari pertama membahas konsep kreatif dan hari ke dua membahas teknis. Besoknya langsung shooting.

Equipment

Untuk pembuatan film fiksimini “Cinta Mati”, Koki Film yang digawangi @diandrazatira bekerjasama dengan kampus Bina Sarana Informatika. Perlatan kamera, lighting, serta audio disupport penuh oleh pihak jurusan. Terima kasih Bu Anisti, Kajur AKOM Broadcasting BSI.

Pemilihan Lokasi

Hanya diperlukan satu spot lokasi, dan kami memilih café. Produser berpikir keras bagaimana mendapatkan café yang bisa digunakan untuk keperluan shooting dengan izin yang tidak ribet. Ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Thx God, dalam waktu 2 jam produser bisa bernegosiasi dengan salah satu resto yakni “RM. Mas Miskoen”.  Kita sepakat menggunakan lokasi tersebut. RM.Mas Miskoen menggunakan bangunan tempo dulu, unik dan cozy.

Cinta Mati

  • Produksi : AKOM BSI
  • Pelaksana Produksi : KOKIFilm
  • Produser : Diandra Zatira & Rainy Umbara
  • Sutradara : Ahmad Syafari
  • Penulis Naskah : Diki Umbara
  • Penata Kamera : Fajar Adji
  • Penata Artistik : Zeth Marley, Irawan “Iwe”, Barkah, Raendy Esa
  • Penata Cahaya : Asep, Ibnu Afandi, Julius, Ian Varis
  • Make up : Kalin
  • Editor : Ahmad Syafari
One Comment leave one →
  1. Sang Penjelajah Malam permalink
    October 16, 2010 10:14 pm

    pertamax

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: