Skip to content

Edit On Camera

September 18, 2010

Edit On Camera!

Oleh Diki Umbara

Tulisan ini masih tentang bagaimana membuat film pendek dengan menggunakan hp alias handphone. Edit on camera, merupakan satu cara pembuatan film dengan hp tanpa melakukan editing di komputer. Sebetulnya seperti pada tulisan saya sebelumnya, mengedit film itu mudah. Software sederhana semisal Windows Movie Maker sangat user friendly karena memang didesain seperti itu. Tapi kalau memang pada dasarnya gaptek, tetep saja menganggap kalau editing di komputer itu ribet.

Trus gimana dong? Ya tehnik edit on camera itu solusinya. Edit on camera di sini bukan berarti melakukan editing atau penyuntingan video di hp kamu kamu, tapi merupakan tehnik pengambilan gambar dengan hp dengan memikirkan konsep film sudah jadi. Sebelum melakukan pengambilan dengan gambar, dipikirkan dulu sekuens atau rangkaian shot secara linear. Ini bebarti kamu harus mempersiapkan shot demi shot secara terstruktur.

Misalnya, kamu mau buat film tentang seorang cowok yang nembak cewek dengan memberikan bunga. Buatlah rangkaian shot, shot pertama : full shot cowok dan cewek, shot kedua : full shot cowok dengan bunga yang dia pegang di balik punggung, shot ke tiga : medium close up cewek yang penasaran, shot ke empat : close up cowok memberikan bunga, shot  ke lima : medium close up cewek menerima bunga, shot ke enam : close up cewek dengan ekspresi senang, shot ke tujuh : close up cowok dengan mengatakan “sayang kamulah soulmate aku…” Selain type of shot atau shot size, tentukan juga angle atau sudut pengambilan gambarnya. Misalnya, high angle, low angle, atau eye level. Rangkaian shot di atas baiknya kamu gambar dalam bentuk storyboard, dengan demikian type of shot serta angle sudah kamu pastikan sebelumnya.

Jadi, jika kamu sudah membuat rangkaian shot dengan struktur yang sudah diurut seperti di atas berarti kamu sebenarnya sudah melakukan editing di kamera. Inilah yang dinamakan Edit On Kamera.

Istilah type of shot dan angle :

Full Shot/FS: shot dari kaki hingga kepala, Medium Close Up/MCU: shot dari dada hingga kepala. Close Up/CU : shot wajah/muka, Low Angle : pengambilan gambar dengan posisi lensa kamera/hp lebih rendah dari subyek/talen, High Angle : posisi lensa lebih tinggi dari subyek, Eye Level : posisi lensa sejajar dengan subyek. Selamat berkretaivitas….

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: