Skip to content

Bikin Film Pake Hape

September 18, 2010

Bikin Film Pake Hape

Capture-Edit-Upload!

Oleh Diki Umbara

Handphone atau hp kini sudah tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi telpon sama pesan pendek saja. Banyak sekali fitur di dalam hp yang sangat bermanfaat, salah satunya kamera. Resolusi gambar yang dihasilkan kamera hp sudah  sangat baik, baik untuk foto maupun video. Tidak sesimpel apapun film yang akan kita buat, ada tahapan yang harus kamu kerjakan. Secara umum tahapan itu terdiri atas : pra produksi, produksi, dan paska produksi.

Pra Produksi, dalam tahapan ini merupakan segala macam persiapan sebelum proses produksi dimulai. Pertama tentu saja ide, ide bisa diperoleh darimana saja dari kamu sendiri atau dari teman. Setelah ide sudah ada, segera tuangkan ide itu ke dalam naskah. Asumsinya satu lembar naskah untuk satu menit film. Jadi, kalau kamu mau buat film berdurasi tiga menit cukup membuat naskah sebanyak tiga lembar. Improvisasi waktu pengambilan boleh-boleh saja, tapi ada baiknya kamu tuangkan ke dalam naskah. Ini untuk memudahkan dan mempercepat dalam proses pengambilan gambar nantinya.

Produksi, melakukan pengambilan gambar sesuai dengan naskah yang sudah kamu atau teman kamu buat. Buatlah shot-shot semenarik dan sevariatif mungkin. Ukuran hp biasanya lebih kecil jika dibandingkan dengan handycam, kemungkinan goyang dalam pengambilan gambar lebih besar. Jadi usahakan memegang hp lebih berhati-hati, kalau menggunakan dua tangan akan lebih stabil maka lakukan pakai dua tangan. Fasilitas audio di hp tidak sebaik handycam, agar hasil suara lebih bagus  arahkan pada pemain untuk berdialog lebih besar volumenya dari biasanya. Memang ada fasilitas zoom, tapi baiknya ambil gambar secara dekat, hal ini juga untuk mereduksi goyangan. Jangan ragu-ragu  untuk melakukan retake atau pengambilan gambar ulang kalau kamu sebagai sutradara merasa belum puas dengan adegan atau dialog yang dilakukan talen kurang bagus.

Capturing atau pengambilan gambar sudah dilakukan, lalu apa lagi yang harus kamu lakukan? Ya,langkah berikutnya sudah bisa kamu mulai. Tahapan ini dinamakan proses Paska produksi, yakni melakukan penyuntingan gambar. Banyak software video editing yang bisa digunakan, yang paling mudah adalah windows movie maker. Susun gambar yang telah kamu ambil menjadi satu rangkaian cerita, tambahkan musik sebagai ilustrasi serta sound effect jika memang diperlukan. Judul atau keterangan teks lain bisa kamu buat dengan mudah dengan software ini. Jangan lupa untuk preview, perlihatkan pada teman kamu, mintailah komentar tentang film yang sudah kamu buat itu. Masih ada kekurangan? Lakukan revisi agar film kamu jadi lebih bagus lagi.

Trus? Jangan simpan film anda menjadi koleksi pribadi saja. Banyak ajang kompetisi pembuatan film via handphone. Ikuti kompetisi itu, daftar lalu upload film kamu. Undang teman kamu untuk mengomentari film yang sudah kamu upload di website. Lakukan promosi, layaknya film professional yang juga butuh promosi. Promosi bisa kamu lakukan via web atau secara konvensional dengan membuat poster lalu kamu tempelkan di tempat-tempat strategis. Jangan kalah sama iklan para calon legislatif, buat poster semenarik mungkin, minta dukungan untuk memberikan vote pada film kamu.

Selesai? Jangan berhenti di karya pertama, buat film lagi dan lagi. Kalau kamu beruntung, bisa menjuarai kompetisi dan dapat hadiah maka hadiah itu bisa kamu pakai untuk modal membuat film yang lebih bagus lagi. Mau tau lebih jauh tentang proses membuat film? Silahkan kamu kunjungi personal web saya di http://www.dikiumbara.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: